Juli 14, 2020

koreksi ma'na, koreksi kitab, tam,

KOREKSI MA’NA MMH 1438 H.

koreksi ma'na, koreksi kitab, tam,

tanggir.com- Malam ini, Jum’at 10 November 2017 M. tepatnya di malam sabtu Menjelang minggu ke tiga dari bulan shofar 1439 H, Kepengurusan Semester ganjil Madrasah Miftahul Huda Tanggir, Menggelar kegiatan Tahunan, Adat, Dan istiadat Yang merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti semester ganjil MMH Pondok pesantren Raudlatut thalibin Tanggir yang tenar dikalangan santri tanggir dengan sebutan KOREKSI MA’NA.

Kegiatan tersebut Adalah Kegiatan Yang dilakukan 2x dalam satu tahun, yakni pada Bulan shofar dan Bulan Rojab disetiap tahun Hijriyyahnya, Berlangsung Di Gedung MMH tanggir, pada waktu Malam Hari, Atau Waktu TAKROR (musyawarah) pada hari-hari biasa.

mmh, koreksi ma'na, tanggir, tuban,

Secara Mudah mudah difaham KOREKSI MA’NA adalah penilikan atau Pengecekan oleh kepengurusan dan asatidz kepada kitab-kitab para santri atau siswa, yang telah dibacakan untuk dima’nai sesuai target yang di Hasilkan dari sidang pleno awal tahun dewan Asatidz MMH TANGGIR, yang semua di rencanakan dan di setujui oleh anggota sidang, Juga di Masukan dalam KBM MMH TANGGIR.

Aktifitas ini adalah jenis aktifitas yang di rasakan oleh semua siswa mmh tanggir dari jenjang yang paling dasar ( TAKHASSUS) sampai jenjang yang paling tinggi (MADRASAH ALIYYAH DINIYYAH) dengan tanpa terkecuali.

Tak sedikit dari santri yang menganggap hal ini adalah hal besar, karena kitab yang dikoreksi bukan hanya satu, dua atau tiga kitab, Tapi semua kitab yang diajarkan di kelas masing-Masing, Bahkan untuk kelas yang paling dasar, dituntut bukan hanya sekedar menyetorkan ma’na, Tapi Mereka juga wajib menyalin atau memindah Isi kitab beserta ma’nanya yang di kaji di kelas tersebut, untuk melatih mereka menulis dan memperbaiki tulisanya sehingga memungkinkan mereka mempunyai tulisan yang patut diperlombakan.

koreksi, tangggir, pp tanggir, koreksi ma'na,

Prosesi pelaksanaan pengoreksian biasanya memakan waktu yang berbeda-beda, tergantung jumlah siswa dan banyaknya kitab yang diwajibkan di kelas tersebut, ada yang satu jam, satu jam setengah, bahkan lebih dari itu, contoh pengoreksian yang singkat di tahun ini adal;ah koreksi yang dilakukan di kelas 3 aliyyah MMH, dengan sebab penghuni kelas ini lebih sedikit dari kelas-kelas lain,

Hari yang di jadwalkan untuk melakukan kegiatan ini adalah satu minggu berturut-turut, karna selain MMH BANIN (putra) , MMH BANATPUN (putri) juga berkewajiban melakukan kegiatan ini, Dengan satu panitia (PANPEL SEMESTER 1439 H) yang di tahun ini diketuai oleh beliau Ust. Abu na’im. dI banntu sejumlah anggotanya untuk koreksi kitab di-MMH BANAT dilakukan lebih awal dari MMH BANIN dengan proses pelaksanaan dan durasi yang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan koreksi ma’na Di MMH PUTA.[dp78.santritanggir]

Facebook Comments

ULASAN

1 min read
1 min read
3 min read
1 min read