Juli 14, 2020

10 Sebab Su’ul Khotimah

Waktu kecil, Kita pasti pernah mendengar dongeng tentang orang orang yang hidup kekal di dunia ini dengan keadaan berbahagia selamanya, sesungguhnya itu adalah sesuatu yang batil. Tidak ada sesuatu yang kekal di dunia ini. Kematian merupakan sebuah hakikat yang akan menghampiri semua manusia dan seluruh umat Nya, tidak ada yang mampu menolak atau menundanya.

Kematian menurut islam adalah kepastian. Hanya Allah yang mengetahui waktu dan caranya. Sebab itu manusia diwajibkan bertaqwa dengan berbuat kebaikan sepanjang waktu dan mengingat serta menyebut asma Allah setiap detik kehidupannya sebab kematian bisa datang kapan saja tanpa mengenal usia, status sosial, ataupun kondisinya, baik sehat maupun sakit, jika sudah takdir nya maka manusia tak memiliki kemampuan apapun untuk menghindari nya.

Bagi manusia keumuman, Kematian di anggap sebagai kejadian yang menakutkan, mengerikan, menyedihkan & Menyeramkan.
Namun bagi beberapa kekasih allah, Kematian adalah jalan yang di nanti nantikan, karna melalui kematian, sang kekasih bisa bertemu dengan kekasihnya.

Termasuk yang manakah kita???
Hehehehe.

Tentunya dari jutaan pemirsa, akan menyatakan jawaban yang sama :
@Manusia Biasa & Takut akan kematian,

Jika iya, Teruslah membaca, hehe

Dalam banyak keterangan, banyak diterangkan, bahwa Manusia biasa juga bisa Merasakan rasa yang di rasakan oleh kekasih kekasih allah (Tidak takut kematian, Bahkan malah merindukan kematian) Yakni dengan cara mendapatkan drajat mati yang husnul khotimah, bukan su’ul khotimah.

Untuk mendapatkan husnul khotimah kita harus meninggalkan beberapa hal yang menjadikan mati kita su’ul khotimah.
Berikut Syaikh Abdullah Ba’alawi Alhaddad menerangkan 10 Penyebab mati Su’ul Khotimah.

(واعلم) انه كثيرا مايختم بالسوء للذين يتهاونون بالصلاة المفروضة، والزكاة الواجبة، والذين يتتبعون عورات المسلمين، والذين ينقصون المكيال والميزان، والذين يخدعون المسلمين، ويغشونهم ويلبسون عليهم في امورالدين والدنيا، والذين يكذبون اولياء الله وينكرون عليهم بغير حق، والذين يدعون احوال الأولياءومقامتهم من غير صدق، (الى ان قال ) ومن اخاف ما يخاف منه على صاحبه سوء الختيمة البدعة في الدين، وكذلك إضمارالشك في الله ورسوله واليوم الأخير،

1. Menyepelekan sholat fardlu,
2. Menyepelekan Zakat wajib,
3. Meniti Kesalahan orang lain.
4. Mengurangi takaran penimbangan.
5. Berbohong
6. Menipu
7. Mengingkari kewalian waliyullah
8. Mengaku sebagai waliyullah.
9. Melakukan bid’ah dalam beragama.
10. Meragukan allah besrta Rasulullah & Hari kiamat.

Semoga kita terhindar dari hal hal buruk diatas & berhak menuai husnul khotimah. Aamiin

[Santri TANGGIR]

Facebook Comments

ULASAN

1 min read
1 min read
3 min read
1 min read