Juli 14, 2020

Orang Yang Dekat Dengan Nabi Muhammad Dunia Akhirat

Rasulullah Muhammad SAW, Adalah kekasih Allah & sekalian alam, Manusia yang tak layaknya manusia biasa tersebut, mempunyai jutaan follower meski tanpa twitter, Menggenggam Instagram, Masuk facebook, atau akun jejaring sosial modern lainya, Karna kemuliannya, putra sayyid abdullah itu mampu merekrut Pengikut pengikut yang berasal dari berbagai negara di jagat raya, Bahkan allah pun memerintahkan kepada penduduk bumi juga penghuni langit untuk selalu bersholawat kepadanya.

Dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 Allah berfirman :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.” (*¹)

Imam Al-Qurtubi & para mufassir lainya, dalam berbagai kitab menjelaskan bahwa shalawatnya Allah kepada Nabi Muhammad berartikan Rahmat dan keridloan-Nya kepada sang Nabi.
Sedangkan shalawatnya para malaikat berarti doa dan permohonan ampun (istighfar) mereka bagi Rasulullah.
Adapun shalawatnya umat beliau merupakan Doa dan pengagungan terhadap kedudukan Rasulullah Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallam.

(Muhammad bin Ahmad Al-Qurthubi, Al-Jâmi’ li Ahkâmil Qur’ân, Kairo, Darul Hadis, 2010, jil. VII, hal. 523).

Sebagai makhluk yang paling sempurna di alam semesta, tentunya Baginda nabi sangatlah di puja & puji oleh halayak ramai, Dan tak sedikit dari ummatnya yang bercita cita untuk mendekatkan diri kepadanya.

Sehingga dalam kitab kitab salaf, hadits dan lain lain, banyak di tuturkan tentang cara cara untuk mendekatkan diri kepada nabi, seperti bersholawat, bermunajat & mengikuti sunnahnya.

” Orang yang paling dekat dengan nabi adalah orang yang paling banyak membaca sholawat “

” Juga banyak orang salih yang sering bertemu nabi karena sering membaca sholawat ” (*²)

KH. Hasan Syukri Zamzami Mahrus
#SholawatKubro di PP. Lirboyo

Menambahkan sebuah cara pengarang kitab Nashoihuddiniyyah menjelaskan :

Orang yang dekat juga mempunyai haq untuk dekat dengan nabi baik di dunia maupun di akhirat adalah orang yang lubo/suka mengajak orang lain melakukan perkara ini, (dakwah kebaikan yang di tarsirkan ke ranah iman, taat & mencegah melakukan hal yang berlawanan dg iman & taat). (*³)

فأقرب الناس من رسول الله صلى الله عليه وسلم، واولاهم به في الدنياوالآخرة أحرصهم على هذاالأمر، وأكثرهم شغلابه،
أعنى به : الدعوةالى الخير، المفسر باالإيمان،والطاعة،والنهي عن ضديهما.

Hal inilah yang juga di amalkan oleh ulama ulama terdahulu, seperti wali songo, Kiai & ulama pengajak kebaikan setelahnya.

Mari menyebarkan kebaikan, Semoga kita tergolong orang orang yang dekat kepada junjungan kita nabiyullah muhammad SAW. (aamiin)

Wallahu A’lam ( SantriTanggir )

Sumber :

(*¹) Al Qur’an Surat Al Ahzab. Ayat 56.

(*²) Lirboyo.net

(*³) Nashoihuddiniyyah Cetakan Haromain Hal 6.

Facebook Comments

ULASAN

1 min read
1 min read
3 min read
1 min read