Juli 14, 2020

BULAN-BULAN MULIA DALAM ISLAM.

Hari Tasu’a dan Asyuro adalah hari tanggal ke-9 & ke-10 pada bulan Muharram (Suro)Red jawa” dalam Kalender Hijriyah. Di adopsi dari bahasa arab yang bermakna “Kesembilan & Kesepuluh”(*)

Sama halnya dengan Dzul-hijjah, Dzul-Qo’dah dan Sya’ban, Bulan muharram juga tergolong bulan yang di muliakan oleh allah SWT.

Dalam surat At-taubah Allah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًۭا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌۭ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةًۭ كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةًۭ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah waktu menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

(QS. At-Taubah: 36)

Ke-empat bulan mulia (Haram) tersebut berikut nama-namanya dijelaskan dengan jelas oleh Nabi SAW dalam sabdanya :

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.”

(HR. Bukhori)

Adapun Hari tasu’a dan asyuro pada tahun 1441 H kali ini, bertepatan dengan harin Senin – Selasa Tanggal 9 – 10 September 2019 M mendatang.

Mengenai beberapa sejarah yang berkaitan, berikut amalan di bulan muharram silahkan klik DI SINI. (dp78.santritanggir)

Facebook Comments

ULASAN

1 min read
1 min read
3 min read
1 min read