November 26, 2020

PP. Tanggir Tuban

PP. Raudlatut Thalibin

DINIYAH

tanggir, singgahan, tuban, tanggir singgahan tuban, MMH tanggir, madrasah miftahul huda tanggir, miftahul huda, logo mmh tanggir, pp tanggir, pondok tanggir, ponpes tanggir, pp raudlatut thalibin tanggir, pprt, hasta, santri tanggir,

 

MADRASAH MIFTAHUL HUDA TANGGIR, MMH TANGGIR, MMH BANIN TANGGIR, madrasah diniyah, mmh diniyah, Pondok pesantren Raudlatut Thalibin, pondok Tanggir, Tanggir, ayo mondok, pondok pesantren keren,pondok pesantren NU, pesantren KH MIUSLIH, KH MUSLIH, KH, MUNAWIR MUSLIH, ABUYA HASAN TUBA
GEDUNG MADRASAH MIFTAHUL HUDA BANIN TANGGIR TUBAN

Madrasah Diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan pada jalur luar sekolah yang diharapkan mampu secara terus menerus untuk memberikan pendidikan agama Islam kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah. kegiatan belajar mengajar (KBM) ini diberikan melalui sistem klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan dengan tingkatan sebagai berikut :

1. Diniyah Awaliyah
Madrasah Diniyah Awaliyah, adalah sebuah tingkatan pendidikan ajaran Islam yang Dasar. biasanya dalam kelas atau tingkatan ini diajarkan tentang ilmu-ilmu alat (Nahwu Shorof ) dan ilmu-ilmu fiqih dasar, seperti safinatus saja dll. tingkatan ini biasanyaberlangsung 2-3 tahun Dengan jumlah kuraang lebih 18 jam dalam 1 minggu.

pp tanggir, pondok tanggir, ponpes tanggir, pp raudlatut thalibin tanggir, mmh tanggir, madrasah, madrasah miftahul huda, uts, ujian, semester, santri, santri tanggir, santri indonesia, tanggir, tuban, singgahan, santri tuban, kegiatan santri, sekolah, sekolah diniyah, santri salaf,
Ujian tengah semester MMH TANGGIR 1438/1439 H.

2. Diniyah Wustho
Madrasah Diniyah Wustho,  dalam menyelenggarakan pendidikan agama Islam tingkat menengah pertama ini adalah sebuah jenjang pengembangan pengetahuan yang diperoleh pada Madrasah Diniyah Awaliyah, masa belajar selama selama 2-3 ( dua atau tiga ) tahun dengan jumlah jam belajar 18 jam pelajaran dalam 1 minggu.

pp raudlatut thalibin, MMH TANGGIR, setoran hafalan, uts diniyah, santri setoran, santri, madrasah diniyah, mmh, pondok tanggir, pp tanggir, ponpes tanggir,
Setoran Hafalan Ujian Tengah semester (UTS) MMH TANGGIR, PP RAUDLATUT THALIBIN TUBAN.

3. Diniyah Ulya
Madrasah Diniyah Ulya, Tingkatan ini menyelenggarakan pendidikan agama Islam tingkat menengah atas dengan melanjutkan dan mengembangkan pendidikan Madrasah Diniyah Wustho, masa belajar 2-3 (dua atau tiga) tahun dengan jumlah jam belajar 18 jam per minggu.

Dalam sejarah, Keberadaaan Madrasah diniyah di awali lahirnya Madrasah Awaliyah telah hadir pada masa Penjajahan Jepang dengan pengembangan secara luas. Majelis tinggi Islam menjadi penggagas sekaligus penggerak utama berdirinya Madrasah-Madrasah Awaliyah yang diperuntukkan bagi anak-anak berusia minimal 7 tahun. Program Madrasah Awaliyah ini lebih ditekankan pada pembinaan keagamaan yang diselenggarakan sore hari.

Berdasarkan Undang-undang Pendidikan dan Peraturan Pemerintah, Madrasah Diniyah adalah bagian terpadu dari pendidikan nasional untuk memenuhi Permintaan masyarakat tentang pendidikan agama. Madrasah Diniyah termasuk ke dalam pendidikan yang dilembagakan dan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam penguasaan terhadap pengetahuan agama Islam.

Dalam perkembangannya, Madrasah Diniyah yang didalamnya terdapat sejumlah mata pelajaran umum disebut Madrasah lbtidaiyah. sedangkan Madrasah Diniyah khusus untuk pelajaran agama. Seiring dengan munculnya ide-ide pembaruan pendidikan agama, Madrasah Diniyah pun ikut serta melakukan pembaharuan dari dalam. Beberapa organisasi penyelenggaraan Madrasah Diniyah melakukan modifikasi kurikulum yang dikeluarkan Departemen Agama, namun disesuaikan dengan kondisi lingkungannya, sedangkan sebagian Madrasah Diniyah menggunakan kurikulum sendiri menurut kemampuan dan persepsinya masing-masing.

 

Facebook Comments